M. Maulana Hamzah
Marketing Class
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc (sumarwan.staff.ipb.ac.id)
Pendahuluan
Salah satu
strategi yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan adalah marketing
mix strategy yang didefinisikan oleh Kotler dan Armstrong (1997) yang
menyatakan bahwa marketing mix as the set of controllable marketing
variables that the firm bleed to produce the response it wants in the target
market”.
Dari definisi
diatas dapat diartikan bahwa bauran pemasaran merupakan variable-variabel
terkendali yang digabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diharapkan dari
pasar sasaran. Dan untuk usaha jasa terdapat
7 unsur marketing mix (Marketing Mix-7p) yaitu: Produk, Price, Promotion,
Place, Partisipant, Proses, Dan Physical Evidence.
# Ada Diskon Belajar di RUANGGURU, cek disini yuk: https://bit.ly/2X6gjT2
# Cek Kebutuhan Belajar online kamu disini: https://shp.ee/3jnrwnm
1. Produk
A. Definisi
Produk.
Produk
merupakan elemen penting dalam sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat
mempengaruhi strategi pemasaran lainnya. Pembelian sebuah produk bukan hanya
sekedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen.
B.
Deskripsi Produk BCA Syariah
Pendanaan
(Funding)
·
Tahapan
iB. Tahapan iB adalah rekening tabungan yang menyediakan berbagai manfaat yang
memudahkan Anda dalam transaksi perbankan berdasarkan prinsip Wadiah (titipan).
·
Tahapan
Rencana iB. Tahapan Rencana iB merupakan tabungan investasi yang berdasarkan
prinsip mudharabah untuk membantu perencanaan keuangan nasabah.
·
Giro
iB. Layanan perbankan BCA Syariah siap membantu kelancaran usaha Anda. Bisnis
Anda pun akan berkembang dengan Giro iB yang multiguna dan ekstra manfaat
berdasarkan prinsip Wadiah (titipan).
·
Deposito
iB. Deposito iB adalah cara terbaik untuk berinvestasi dengan bagi hasil yang
kompetitif. Deposito iB memberikan manfaat berdasarkan prinsip Mudharabah (bagi
hasil).
Pembiayaan
(Financing)
1.
Pembiayaan
Modal Kerja iB. Merupakan pembiayaan berdasarkan prinsip syariah untuk membantu
usaha nasabah dalam memenuhi kebutuhan modal kerja seperti penyediaan barang
dagangan, bahan baku dan kebutuhan modal kerja lainnya.
2.
Pembiayaan
Investasi iB. Pembiayaan Investasi iB adalah pembiayaan investasi yang
bertujuan untuk rehabilitasi, modernisasi, serta ekspansi dari usaha-usaha
produktif seperti pembiayaan pembelian/pembangunan tempat usaha, pembelian
mesin, serta kendaraan kendaraan operasional
3.
KPR
iB. Pembiayaan KPR iB adalah pembiayaan berdasarkan prinsip Murabahah dimana
BCA Syariah membiayai pembelian rumah/apartemen yang diperlukan oleh Nasabah
sebesar harga pokok ditambah dengan margin keuntungan bank yang disepakati.
4.
KKB
iB. Pembiayaan KKB adalah pembiayaan berdasarkan prinsip Murabahah dimana Bank
BCA Syariah membiayai pembelian kendaraan bermotor yang diperlukan oleh Nasabah
sebesar harga pokok ditambah dengan margin keuntungan bank yang disepakati.
5.
EMAS
iB. Emas BCA Syariah iB (EMAS iB) adalah produk pembiayaan kepada Nasabah untuk
kepemilikan Logam Mulia (Emas) dengan akad jual beli (murabahah).
Jasa
1.
Bank
Garansi. Bank Garansi adalah garansi yang diterbitkan secara tertulis oleh bank
yang mengakibatkan kewajiban membayar terhadap pihak yang menerima garansi
apabila pihak yang dijamin (nasabah) wanprestasi dimana jenis akad yang
digunakan adalah Kafalah.
2.
Kiriman
Uang (Retail dan RTGS). Merupakan jasa yang diberikan BCA Syariah untuk
mewakili nasabah dalam pemindahan dana ke rekening tujuan dengan didukung oleh
Sistem Kliring Nasional (SKN) dan BI-RTGS.
3.
Kliring
Lokal. Merupakan jasa yang diberikan BCA Syariah untuk mewakili nasabah dalam
pertukaran warkat elektronik antarbank.
4.
Inkaso.
Merupakan jasa yang diberikan BCA Syariah untuk mewakili nasabah dalam
menagihkan warkat kepada bank tertarik
5.
Safe
Deposit Box (SDB). Merupakan jasa BCA Syariah menyewakan tempat penyimpanan
barang dengan ukuran tertentu kepada nasabah dengan sistem keamanan terjamin.
6.
Pembayaran
Gaji. Merupakan jasa BCA Syariah untuk mewakili nasabah dalam pembayaran gaji
kepada karyawan-karyawannya
7.
Referensi
Bank. Merupakan jasa BCA Syariah untuk memenuhi kebutuhan nasabah atas surat
referensi *
C.
Analisa Marketing
• Startegi Penentuan Produk Pada BCA Masih bersifat Follow Market Mengambil
produk yang sudah exist di pasar perbankan syariah, khusus untuk pangsa pasar
yang besar seperti KPR (Pembiayaan) dan Tahapan iB.
• BCA Syariah Menerapkan hierarki bauran produk, yaitu dari produk
dengan kelompok kebutuhan, kelompok produk, kelas produk, lini prodk, tipe
produk dan varian produk. (Pemasrana Strategik: Perspektif Prilaku Konsumen dan
Marketing Plan hal 52 – 53)
• Branding Produk Masih merunut kepada Induknya sepri bahasa
“Tahapan” dalam produk Funding.
• Keunggulan positioning Produk terlihat pada KKB (Kredit KEndaraan
Bermotor) yang secara penamaan produk mengkhususkan diri di pembiayaan
kendaraan.
• Keunggulan Komparatif dibanding produk perbankan syariah lainnya
adalah layanan produk yang terintegrasi dengan teknologi yang unggul dari
induknya
•
Keunggulan
komparatif dalam teknologi Informasi inilah yang dimanfaatkan sebagai base
untuk membuat produk Jasa yang lebih variatif sehingga mamu bersaing dipasar
perbankan syariah.
2. PRICE
A.
Definisi
Menurut Monroe
(2005) menyatakan bahwa harga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan
pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa. Selain itu harga salah satu faktor
penting konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak
(Engel, Blackwell dan Miniard, 1996).
Harga dikatakan
mahal, murah atau biasa-biasa saja dari setiap individu tidaklah harus sama,
karena tergantung dari persepsi individu yang dilatar belakangi oleh lingkungan
kehidupan dan kondisi individu (Schifman and Kanuk, 2001).
B.
Deskripsi Harga di BCA Syariah
C.
Analisa Marketing
·
Sebagai
pemain baru di pasar perbankan syariah, BCA syariah menerapkan strategi harga
dengan orientasi persaingan agar dapat bersaing dipasar ini dan mengambil ceruk
pasar perbankan syariah khususnya nasabah BCA yang muslim. Bahasa marketingnya:
Going rate Pricing.
·
Sebaga
produk baru, BCA Syariah merepakan berbagi harga percobaan untuk bisa mengukur
persepsi minat konsumen terhadap suatu produk. Hal 78)
·
Penetrasi
harga kadang dilakukan untuk meanrik minat nasabah dengan orientasi laba,
caranya melalui metode promosi seperti diskon dan sebagainya.
3. PLACE
(Saluran Distribusi)
A. Definisi.
Kotler (2000: 96) menyatakan bahwa
“Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala
kegiatan (Fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya
dari produsen ke konsumen”. Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa saluran
distribusi suatu barang adalah keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk
memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen
akhir atau pemakai industri.
Distribusi
berkaitan dengan kemudahan memperoleh produk di pasar dan tersedia saat
konsumen mencarinya. Distribusi memperli hatkan berbagai kegiatan yang
dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk atau jasa dipe roleh dan tersedia
bagi konsumen sasaran.
B.
Deksripsi Place di BCA Syariah
C.
Analisa Marketing
·
Untuk
membangun saluran distribusai dalam hal ini adalah Placa BCA syariah
menganalisa kebutuhan konsumen, yakni mengacu pada seberapa banyak potensi
nasabah BCA muslim berada. Yang punya potensi untuk konversi ke BCA Syariah.
·
Anlisa
kebutuhan konsumen dilanjutkan dangan identifikasi terhadao saluran distribusi
yang ada. Hingga saat ini BCA syariah lebih banyak difokuskan dipulau jawa saja
dengan alasan infastruktur yag sudah siap.
4.
PROMOTION
A.
Definisi
Promosi adalah
kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak
lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. Melalui
periklanan suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli
sasaran dan masyarakat melalui media-media yang disebut dengan media massa
seperti Koran, majalah, tabloid, radio, televise dan direct mail (Baker,
2000:7).
Media promosi
yang dapat digunakan pada bisnis ini antara lain (1) Periklanan, (2) Promosi
penjualan, (3) Publisitas dan hubungan masyarakat, dan (4) Pemasaran langsung.
Penentuan media promosi yang akan digunakan didasarkan pada jenis dan bentuk
produk itu sendiri.
B.
Deskripsi Promosi di BCA Syariah
·
BCA
Syariah melakukan kegiatan “BCA Syariah Mengajar”
·
Gratis
Payung Cantik atau Hand Bag Exclusive
·
Pengumuman
Pemenang Gebyar Tahapan BCA
·
Kiriman
Uang Bebas Biaya
C.
Analisa Marketing
·
Dari
contoh diatas kita bisa melihat BCA syariah menerapkan promosi penjulan dalam
bentuk program pemberian insentif kepada konsumen, baik melalaui diskon atau
hadiah tertentu dan sifatnya jangka pendek
·
Untuk
promosi jangka panjang. BCA syariah membabagun hubungan asayarakat dengan
melakukan edukasi tentang urgensi perbankan dalam kehidupan dilakuakn pada
anak-anak SD, dengan ekspektasi anak-anak adlah penerus generasi masa depan, yang
diharpakan kelak mampu mencapu calon nasabah potensial di masa yang akan datang
# Ada Diskon Belajar di RUANGGURU, cek disini yuk: https://bit.ly/2X6gjT2
# Cek Kebutuhan Belajar online kamu disini: https://shp.ee/3jnrwnm
5.
PROCESS
A.
Definisi
Proses adalah
kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama
melakukan pembelian barang. Pengelola usaha melalui front liner sering
menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen.
Fasilitas jasa konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member
dan fasilitas layanan yang berpengaruh pada image perusahaan.
B.
Deskripsi Process di BCA Syariah
Elektronik
Channel
·
Jaringan
ATM dan Debit BCA. Manfaatkan luasnya jaringan ATM dan EDC BCA yang modern
untuk kemudahan transaksi keuangan anda. Dengan didukung oleh lebih dari 6.000
ATM BCA dan 31.000 merchant yang terhubung secara real time online, transaksi
menjadi mudah dan leluasa karena dapat diakses kapan saja dan dari mana saja.
·
Jaringan
ATM Prima. Keikutsertaan BCA Syariah dalam Jaringan Prima membuktikan komitmen
BCA Syariah dalam memberikan layanan yang optimal kepada nasabah. Bertransaksi
menjadi lebih mudah dan fleksibel karena didukung dengan lebih dari 13.000 ATM
berlogo Prima yang terhubung melalui jaringan ATM PRIMA. Pemegang kartu ATM BCA
Syariah kini dapat melakukan transaksi TARIK TUNAI, CEK SALDO dan TRANSFER
ANTAR BANK di ATM-ATM yang berlogo PRIMA.
Tidak hanya itu, melalui mesin ATM berlogo Prima, Nasabah BCA Syariah
juga dapat melakukan transfer ke Bank Lain yang tergabung dalam Jaringan ATM
Bersama dan ALTO.
·
BCA
Syariah Mobile. BCA Syariah mobile memberikan Anda kemudahan bertransaksi
melalui handphone yang terhubung dengan jaringan internet, baik untuk transaksi
finansial (non tunai) maupun transaksi non finansial
C.
Analisa Marketing
·
Process
adalah keunggulan kompratif BCA syariah dibanding perbankan syariah lainnya,
karena ia sudah terintegrasi dengan sistem perbankan Induk BCA yang terkenal
unggul di Indonesia. Namun hal ini membuat fous pelanggan lebih pada nasabah
BCA konnvensiona yang ingin konver ke Syariah.
·
Dari
jaringan fasiitas pelayanan seerti mobile banking, internet banking dan
jaringan ATM semuanya sudah sangat luas, karena masih menginduk pada BCA, jadi
memannfaatkan brand family. Kelemhananya disini adalah potensi compliance
syariah yang terlanggar karena sistem yang belum dipisah, padahal akad syaraih
dan konvensional jelas beda.
6.
PEOPLE
A.
Definisi
Yang
dimaksud partisipan disini adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun
penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung
dalam proses layanan itu sendiri, misalnya dalam jasa perbankan:diantaranya
adalah frontline, marketing, dan credit analysis.
B.
Deskripsi People di BCA Syariah
C.
Analisa Marketing
·
Sebagai
bank professional dibidangnya, BCA ysariah juga menerapkan pelatihan dan
pengmbangan SDM, terutama pengembangan dari aspek syariahnya yang dinilai masih
minim, ha itu dilakukan dengan bekerja sama dengan DPSnya.
·
Perkembangan
teknologi dan dinamika perubahan pasar juga menuntut skill yang mumpuni bagi
karyawan sehinngga standar pelayanan terus ditingkat baik dari sisi rekrutmen,
OJT, pelaksanaan kerja dan evaluasi berkesinambungan.
·
Namu
kritik terhdapa BCA syariah, ada dalam aspek pennegmbangan syariah, dimana ide
dan produk yang muncul kebanykan adalah produk konvensional yang disyariahkan,
hal in tentu menuntut kebutuhan SDM yang baik dulu secar syariah namun juga
professional dibidang perbankan.
7. PHYSICAL
ENVIRONMENT
A.
Definisi
Lingkungan
fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana.
Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya
dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi
geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya,
cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai
obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).
Dari ketujuh
elemen marketing mix tersebut yang merupakan kunci sukses bagi sebuah usaha
(jasa yang bertempat/salon/spa/warnet) diantaranya adalah kelengkapan produk
layanan yang siap ditawarkan (one stop service), lokasi yang strategis,
keramahan dan efektivitas pelayanan, tempat parkir yang memadai, dan fasilitas
lain pendukung kenyamanan konsumen.
B.
Deskripsi PHYSICAL ENVIRONMENT di BCA Syariah
C.
Analisa Marketing
Dengan mengedapankan semangat syariah yang
professional, BCA sayariah sudah menyiapkan infastruktur yang baik yang
memperhatikan kebutuhan konsumen. Terutama konsumen muslim, dimana bentuk
interior, lebih islami, penyediaan bacaan yang lebih berbau syariah dan nunasa
bank yang juga menenangkan.
# Ada Diskon Belajar di RUANGGURU, cek disini yuk: https://bit.ly/2X6gjT2
# Cek Kebutuhan Belajar online kamu disini: https://shp.ee/3jnrwnm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar