Sabtu, 18 April 2015

Analisa Bauran Pemasaran 7 P (Studi BCA Syariah)

M. Maulana Hamzah

Marketing Class
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc (sumarwan.staff.ipb.ac.id)



Pendahuluan

Salah satu strategi yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan adalah marketing mix strategy yang didefinisikan oleh Kotler dan Armstrong (1997) yang menyatakan bahwa marketing mix as the set of controllable marketing variables that the firm bleed to produce the response it wants in the target market”.

Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa bauran pemasaran merupakan variable-variabel terkendali yang digabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diharapkan dari pasar sasaran. Dan untuk usaha jasa terdapat 7 unsur marketing mix (Marketing Mix-7p) yaitu: Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Proses, Dan Physical Evidence.


# Ada Diskon Belajar di RUANGGURU, cek disini yuk: https://bit.ly/2X6gjT2
# Cek Kebutuhan Belajar online kamu disini: https://shp.ee/3jnrwnm

1. Produk
A. Definisi Produk.
Produk merupakan elemen penting dalam sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

B. Deskripsi Produk BCA Syariah
Pendanaan (Funding)
·         Tahapan iB. Tahapan iB adalah rekening tabungan yang menyediakan berbagai manfaat yang memudahkan Anda dalam transaksi perbankan berdasarkan prinsip Wadiah (titipan).
·         Tahapan Rencana iB. Tahapan Rencana iB merupakan tabungan investasi yang berdasarkan prinsip mudharabah untuk membantu perencanaan keuangan nasabah.
·         Giro iB. Layanan perbankan BCA Syariah siap membantu kelancaran usaha Anda. Bisnis Anda pun akan berkembang dengan Giro iB yang multiguna dan ekstra manfaat berdasarkan prinsip Wadiah (titipan).
·         Deposito iB. Deposito iB adalah cara terbaik untuk berinvestasi dengan bagi hasil yang kompetitif. Deposito iB memberikan manfaat berdasarkan prinsip Mudharabah (bagi hasil).
Pembiayaan (Financing)
1.      Pembiayaan Modal Kerja iB. Merupakan pembiayaan berdasarkan prinsip syariah untuk membantu usaha nasabah dalam memenuhi kebutuhan modal kerja seperti penyediaan barang dagangan, bahan baku dan kebutuhan modal kerja lainnya.
2.      Pembiayaan Investasi iB. Pembiayaan Investasi iB adalah pembiayaan investasi yang bertujuan untuk rehabilitasi, modernisasi, serta ekspansi dari usaha-usaha produktif seperti pembiayaan pembelian/pembangunan tempat usaha, pembelian mesin, serta kendaraan kendaraan operasional
3.      KPR iB. Pembiayaan KPR iB adalah pembiayaan berdasarkan prinsip Murabahah dimana BCA Syariah membiayai pembelian rumah/apartemen yang diperlukan oleh Nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan margin keuntungan bank yang disepakati.
4.      KKB iB. Pembiayaan KKB adalah pembiayaan berdasarkan prinsip Murabahah dimana Bank BCA Syariah membiayai pembelian kendaraan bermotor yang diperlukan oleh Nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan margin keuntungan bank yang disepakati.
5.      EMAS iB. Emas BCA Syariah iB (EMAS iB) adalah produk pembiayaan kepada Nasabah untuk kepemilikan Logam Mulia (Emas) dengan akad jual beli (murabahah).
Jasa
1.      Bank Garansi. Bank Garansi adalah garansi yang diterbitkan secara tertulis oleh bank yang mengakibatkan kewajiban membayar terhadap pihak yang menerima garansi apabila pihak yang dijamin (nasabah) wanprestasi dimana jenis akad yang digunakan adalah Kafalah.
2.      Kiriman Uang (Retail dan RTGS). Merupakan jasa yang diberikan BCA Syariah untuk mewakili nasabah dalam pemindahan dana ke rekening tujuan dengan didukung oleh Sistem Kliring Nasional (SKN) dan BI-RTGS.
3.      Kliring Lokal. Merupakan jasa yang diberikan BCA Syariah untuk mewakili nasabah dalam pertukaran warkat elektronik antarbank.
4.      Inkaso. Merupakan jasa yang diberikan BCA Syariah untuk mewakili nasabah dalam menagihkan warkat kepada bank tertarik
5.      Safe Deposit Box (SDB). Merupakan jasa BCA Syariah menyewakan tempat penyimpanan barang dengan ukuran tertentu kepada nasabah dengan sistem keamanan terjamin.
6.      Pembayaran Gaji. Merupakan jasa BCA Syariah untuk mewakili nasabah dalam pembayaran gaji kepada karyawan-karyawannya
7.      Referensi Bank. Merupakan jasa BCA Syariah untuk memenuhi kebutuhan nasabah atas surat referensi *
C. Analisa Marketing
      Startegi Penentuan Produk Pada BCA Masih bersifat Follow Market Mengambil produk yang sudah exist di pasar perbankan syariah, khusus untuk pangsa pasar yang besar seperti KPR (Pembiayaan) dan Tahapan iB.
      BCA Syariah Menerapkan hierarki bauran produk, yaitu dari produk dengan kelompok kebutuhan, kelompok produk, kelas produk, lini prodk, tipe produk dan varian produk. (Pemasrana Strategik: Perspektif Prilaku Konsumen dan Marketing Plan hal 52 – 53)
      Branding Produk Masih merunut kepada Induknya sepri bahasa “Tahapan” dalam produk Funding.
      Keunggulan positioning Produk terlihat pada KKB (Kredit KEndaraan Bermotor) yang secara penamaan produk mengkhususkan diri di pembiayaan kendaraan.
      Keunggulan Komparatif dibanding produk perbankan syariah lainnya adalah layanan produk yang terintegrasi dengan teknologi yang unggul dari induknya
      Keunggulan komparatif dalam teknologi Informasi inilah yang dimanfaatkan sebagai base untuk membuat produk Jasa yang lebih variatif sehingga mamu bersaing dipasar perbankan syariah.

2. PRICE
A. Definisi
Menurut Monroe (2005) menyatakan bahwa harga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa. Selain itu harga salah satu faktor penting konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak (Engel, Blackwell dan Miniard, 1996).

Harga dikatakan mahal, murah atau biasa-biasa saja dari setiap individu tidaklah harus sama, karena tergantung dari persepsi individu yang dilatar belakangi oleh lingkungan kehidupan dan kondisi individu (Schifman and Kanuk, 2001).

B. Deskripsi Harga di BCA Syariah


C. Analisa Marketing
·         Sebagai pemain baru di pasar perbankan syariah, BCA syariah menerapkan strategi harga dengan orientasi persaingan agar dapat bersaing dipasar ini dan mengambil ceruk pasar perbankan syariah khususnya nasabah BCA yang muslim. Bahasa marketingnya: Going rate Pricing.
·         Sebaga produk baru, BCA Syariah merepakan berbagi harga percobaan untuk bisa mengukur persepsi minat konsumen terhadap suatu produk. Hal 78)
·         Penetrasi harga kadang dilakukan untuk meanrik minat nasabah dengan orientasi laba, caranya melalui metode promosi seperti diskon dan sebagainya.

3. PLACE (Saluran Distribusi)
A. Definisi.
Kotler (2000: 96) menyatakan bahwa “Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala kegiatan (Fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya dari produsen ke konsumen”. Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa saluran distribusi suatu barang adalah keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai industri.
Distribusi berkaitan dengan kemudahan memperoleh produk di pasar dan tersedia saat konsumen mencarinya. Distribusi memperli hatkan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk atau jasa dipe roleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.

B. Deksripsi Place di BCA Syariah

C. Analisa Marketing
·         Untuk membangun saluran distribusai dalam hal ini adalah Placa BCA syariah menganalisa kebutuhan konsumen, yakni mengacu pada seberapa banyak potensi nasabah BCA muslim berada. Yang punya potensi untuk konversi ke BCA Syariah.
·         Anlisa kebutuhan konsumen dilanjutkan dangan identifikasi terhadao saluran distribusi yang ada. Hingga saat ini BCA syariah lebih banyak difokuskan dipulau jawa saja dengan alasan infastruktur yag sudah siap.

4. PROMOTION
A. Definisi
Promosi adalah kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. Melalui periklanan suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat melalui media-media yang disebut dengan media massa seperti Koran, majalah, tabloid, radio, televise dan direct mail (Baker, 2000:7).
Media promosi yang dapat digunakan pada bisnis ini antara lain (1) Periklanan, (2) Promosi penjualan, (3) Publisitas dan hubungan masyarakat, dan (4) Pemasaran langsung. Penentuan media promosi yang akan digunakan didasarkan pada jenis dan bentuk produk itu sendiri.

B. Deskripsi Promosi di BCA Syariah
·         BCA Syariah melakukan kegiatan “BCA Syariah Mengajar”
·         Gratis Payung Cantik atau Hand Bag Exclusive
·         Pengumuman Pemenang Gebyar Tahapan BCA
·         Kiriman Uang Bebas Biaya



C. Analisa Marketing
·         Dari contoh diatas kita bisa melihat BCA syariah menerapkan promosi penjulan dalam bentuk program pemberian insentif kepada konsumen, baik melalaui diskon atau hadiah tertentu dan sifatnya jangka pendek
·         Untuk promosi jangka panjang. BCA syariah membabagun hubungan asayarakat dengan melakukan edukasi tentang urgensi perbankan dalam kehidupan dilakuakn pada anak-anak SD, dengan ekspektasi anak-anak adlah penerus generasi masa depan, yang diharpakan kelak mampu mencapu calon nasabah potensial di masa yang akan datang



# Ada Diskon Belajar di RUANGGURU, cek disini yuk: https://bit.ly/2X6gjT2
# Cek Kebutuhan Belajar online kamu disini: https://shp.ee/3jnrwnm

5. PROCESS
A. Definisi
Proses adalah kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian barang. Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen. Fasilitas jasa konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas layanan yang berpengaruh pada image perusahaan.

B. Deskripsi Process di BCA Syariah
Elektronik Channel
·         Jaringan ATM dan Debit BCA. Manfaatkan luasnya jaringan ATM dan EDC BCA yang modern untuk kemudahan transaksi keuangan anda. Dengan didukung oleh lebih dari 6.000 ATM BCA dan 31.000 merchant yang terhubung secara real time online, transaksi menjadi mudah dan leluasa karena dapat diakses kapan saja dan dari mana saja.
·         Jaringan ATM Prima. Keikutsertaan BCA Syariah dalam Jaringan Prima membuktikan komitmen BCA Syariah dalam memberikan layanan yang optimal kepada nasabah. Bertransaksi menjadi lebih mudah dan fleksibel karena didukung dengan lebih dari 13.000 ATM berlogo Prima yang terhubung melalui jaringan ATM PRIMA. Pemegang kartu ATM BCA Syariah kini dapat melakukan transaksi TARIK TUNAI, CEK SALDO dan TRANSFER ANTAR BANK di ATM-ATM yang berlogo PRIMA.  Tidak hanya itu, melalui mesin ATM berlogo Prima, Nasabah BCA Syariah juga dapat melakukan transfer ke Bank Lain yang tergabung dalam Jaringan ATM Bersama dan ALTO.
·         BCA Syariah Mobile. BCA Syariah mobile memberikan Anda kemudahan bertransaksi melalui handphone yang terhubung dengan jaringan internet, baik untuk transaksi finansial (non tunai) maupun transaksi non finansial

C. Analisa Marketing
·         Process adalah keunggulan kompratif BCA syariah dibanding perbankan syariah lainnya, karena ia sudah terintegrasi dengan sistem perbankan Induk BCA yang terkenal unggul di Indonesia. Namun hal ini membuat fous pelanggan lebih pada nasabah BCA konnvensiona yang ingin konver ke Syariah.
·         Dari jaringan fasiitas pelayanan seerti mobile banking, internet banking dan jaringan ATM semuanya sudah sangat luas, karena masih menginduk pada BCA, jadi memannfaatkan brand family. Kelemhananya disini adalah potensi compliance syariah yang terlanggar karena sistem yang belum dipisah, padahal akad syaraih dan konvensional jelas beda. 

6. PEOPLE
A. Definisi
Yang dimaksud partisipan disini adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri, misalnya dalam jasa perbankan:diantaranya adalah frontline, marketing, dan credit analysis.
B. Deskripsi People di BCA Syariah


C. Analisa Marketing
·         Sebagai bank professional dibidangnya, BCA ysariah juga menerapkan pelatihan dan pengmbangan SDM, terutama pengembangan dari aspek syariahnya yang dinilai masih minim, ha itu dilakukan dengan bekerja sama dengan DPSnya.
·         Perkembangan teknologi dan dinamika perubahan pasar juga menuntut skill yang mumpuni bagi karyawan sehinngga standar pelayanan terus ditingkat baik dari sisi rekrutmen, OJT, pelaksanaan kerja dan evaluasi berkesinambungan.
·         Namu kritik terhdapa BCA syariah, ada dalam aspek pennegmbangan syariah, dimana ide dan produk yang muncul kebanykan adalah produk konvensional yang disyariahkan, hal in tentu menuntut kebutuhan SDM yang baik dulu secar syariah namun juga professional dibidang perbankan.

7. PHYSICAL ENVIRONMENT
A. Definisi
Lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).

Dari ketujuh elemen marketing mix tersebut yang merupakan kunci sukses bagi sebuah usaha (jasa yang bertempat/salon/spa/warnet) diantaranya adalah kelengkapan produk layanan yang siap ditawarkan (one stop service), lokasi yang strategis, keramahan dan efektivitas pelayanan, tempat parkir yang memadai, dan fasilitas lain pendukung kenyamanan konsumen.

B. Deskripsi PHYSICAL ENVIRONMENT di BCA Syariah



C. Analisa Marketing
 Dengan mengedapankan semangat syariah yang professional, BCA sayariah sudah menyiapkan infastruktur yang baik yang memperhatikan kebutuhan konsumen. Terutama konsumen muslim, dimana bentuk interior, lebih islami, penyediaan bacaan yang lebih berbau syariah dan nunasa bank yang juga menenangkan.

# Ada Diskon Belajar di RUANGGURU, cek disini yuk: https://bit.ly/2X6gjT2
# Cek Kebutuhan Belajar online kamu disini: https://shp.ee/3jnrwnm






Tidak ada komentar:

Posting Komentar