Kamis, 04 Februari 2016

Tanya Jawab seputar Statistika Penelitian

oleh: Maul
Apakah yang dimaksud dengan penelitian?
Penelitian merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Setidak ada 4
Download now

hal yang harus dipahami dalam penelitian yaiitu: cara/ pendekatan ilmiah, data, tujuan penelitian dan manfaatnya. Ilmiah itu berarti rasional, empiris dan sistematis. Tujuannya ada 3 macam: penemuan, pembuktian dan pengembangan.
Apa kriteria data yang digunakan dalam penelitian?
Ada 3 yaitu pertama. Valid (tingkat ketepatan) contoh data anak kelas 100 orang maka yang dilaporkan juga 100 orang, yang kedua reliable (tingkat konsistensi) contoh data anak kelas tahun kemarin 100, tahun ini juga 100, tahun depan 101, reliable lebih berhubungan dengan konsistensi data dalam interval waktu. dan yang ketiga  obyektif (tingkat persamaan persepsi/ interpersonal agreement),contoh peneliti A mendata anak kelas 100 orang, peneliti B, C dst ternyata juga mendapatkan data yang sama, berarti data dinyatakan obyektif.
Hasil penelitian yang valid pasti reliable dan obyektif. Tapi apakah hasil penelitian yang reliable dan obyektif juga pasti valid?
Tidak. Karena data interval waktu dalam reliabilitas data, belum bisa menunjukkan data valid yang sesungguhnya. Sedangkan obyektifitas tiap orang berbeda, walaupun bila dinyatakan cukup obyektif itu sangat terganung dengan populasi dan tingkat kepentingan. Sedangkan valid adalah data angka yang bebas dari itu semua. Vali adalah syarat data itu menjadi reliable dan obyektif.

Apakah perbedaan pokok penelitian, survey, eksperimen dan kualitatif?
Penelitian adalah cara ilmiah, sedangkan survey adalah cara mendapatkan data dilapangan (lebih bersifat persepsi data kualitatif yang bisa dikuantifikasikan, eksperimen adalah cara mendapatkan data dilaboratorium melalui pengujian instrument tertentu sedangkan kualitatif adala salah satu pendekatan penelitian yang datanya berasal dari kalimat, perkataan atau gambar.
Apa itu variable penelitian dan sebutkan macam-macam varibel penelitian dan beri penjelasan seperlunya?
Variable adalah atribut penelitian yang bervariasi (vari) dan bisa/cocok (able) digunkan sebagai data untuk diteliti guna mendapatkan jawaban penelitian. Macam-macamnya:
  • Variable independen (bebas/input),
  • Variabel dependen (terikat/output)
  • Variabel Moderator (penengah 2 variable sebelumnya)
  • Variable Intervening (varibel penyela yang ta bisa diamati dan diukur ex. Gaya hidup),
  • Varibel control (untuk penelitian komparatif yang bersifat eksperiman pada control variable independen tertentu contoh komparasi pendidikan di SMA dan SMK (input), var. kontrolnya adalah produk, tempat, kurukukum dengan output ketrampilan kerja)
Terdapat Variabel Penelitian sebagai berikut:
  • Prestasi kerja, motivasi, kualitas alat kerja
  • Volume penjualan, promosi dan kualitas pelayanan
  • Air garam, perawatan dan korosi
Susunlah dalam diagram penelitian?



Untuk mencaari hubungan X1 dg Y dan X2 dg Y menggunakan teknik korelasi sederhana. Sedangkan untuk mencari hubungan X1 dengan X2 secara bersamaan terhadap Y menggunakan korelasi ganda.


Sama seperti paradigm pertama, taka da hubungan bersamaan X1 dan X2 dalam mempengaruhi Y.


Merpakan contoh dari penggunaan varibael moderator yang memperlemah atau memperkuat variable X dalam mempengaruhi variable Y. bila perawatan terukur artinya ia menjadi varibael moderator, bila in case perawatannya taka da data, berarti ia lebih tepat disebut varibel intervening.
Apa peran statistic dalam penelitian?
  • Menghitung besaran sampel dalam populasi
  • Menguji validitas dan reliabilitas instrument.
  • Menyajikan data lebih komunikatif
  • Sbagai alat analisis data seperti menguji hipotesis penelitian.
Sebutkan macam-macam statistic secara skematis?


Deskriptif hanya menggambarkan populasi atau sampel yang akan diteliti tapi tidak bisa jadi kesimpulan penelitian. Teknik korelasi dan regresi dapat digunakan disini. Sedangkan inferensi digunakan untuk analisa data sampel. Bila data berdistribusi normal maka digunakan parametris (data berupa interval dan rasio), sedangkan bila tidak normal (bebas distribusi) digunakan non parametris (datanya berupa nominal dan ordinal).
Sebutkan macam-macam data penelitan berikut penjelasn singkatnya?
Data nominal biasanya disebut data diskrit yang didapat dari survey sedangkan data ordinal (peringkat), rasio (jarak dan ada nilai 0 absolut ex. 0 meter) dan interval (jarak tanpa nilai 0 absolut ex. 0 celcius) merupakan hasil pengukuran. Biasa disebut data kontinum.
Bagaimana memilih teknik statistic untuk menguji hipotesis?
Tergantuung 2 hal yaitu: macam data dan bentuk hipotesisnya. Pahami jenis hipotesis yang akananda buat. Ada 3 jenis hipotesis yaitu pertama, deskriptif contoh daya tahan lampu X. Ho: X = 500 jam Ha: X ≠ 500 Jam. Kedua, Komparatif (membandingkan) contoh Ho: kualitas SMA = SMK, Ha: kualitas SMA ≠ SMK. Dan ketiga, asosiatiif contoh Ho: ada hubungan antara inflasi dan kemiskinan Ha: tidak ada hubungan antara inflasi dan kemiskinan.
Selanjutnya, dalam hubungannya dengan macam data, dapat melihat tabel dibawah ini:
Untitled.jpg

# Ada Diskon Belajar di RUANGGURU, cek disini yuk: https://bit.ly/2X6gjT2
# Cek Kebutuhan Belajar online kamu disini: https://shp.ee/3jnrwnm




17 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. maaf saya mau tanya.. teknik penggolongan data itu bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung dari bentuk penelitian anda dan hasil yang diharapkan, bila hasilnya berbentuk angka seperti hasil survey makanya datanya nominal, yg bisa dikembangkan scr deskripptif utk satu variabel (contoh: deskripsi IM provinsi X), ato komparatif (membandingkan IPM provinsi X dengan 33 Provinsi lainnya) atau asosiatif (contoh: hubungan IPM provinsi X dg provinsi lainnya). Namun kalo hasil penelitian yang ingin disampaikan bentuknya pringkat datanya ordinal, kalo menentukan jarak (seperti proyes ekonomi kedepan) datanya dalah rasio atau interval untuk pengukuran yg banyak digunakan utk penelitian teknik. Cmiiw :)

      Hapus
  3. maaf saya ingin bertanya

    jadi, penelitian saya ini tentang perbedaan gitu kan. terus dari hasil landasan teori, hipotesis penelitian aku tuh didapat hasil " tidak dapat perbedaan".
    nah untuk hipotesis statistiknya, apakah tetap:
    Ho: tidak terdapat perbedaan
    H1: terdapat perbedaan
    soalnya aku lihat semuanya kayak gitu

    atau Ho dan H1 nya harus aku balik, soalnya bukannya hipotesis penelitian kita itu harus di H1 ya? terus buat dapat hasilnya f hitung dan tabel penjelasannya gimana kalo kebalik gitu? terima kasihhh

    mohon bantuannya yaaaa

    BalasHapus
  4. Saya mau bertanya, Tugas akhir saya tentang perilaku kelompok. Data yang saya ambil yaitu 2 kelompok dengan populasi yang berbeda (kelompok A populasi 12 ekor dg umur kurang dari 1 tahun, kelompok B populasi 24 ekor dengan umur lebih dari 1 tahun). Perilaku yang diamati 2 jenis yaitu perilaku allogrooming dan autogrooming. Data yang didapat perilaku allogrooming pada kelompok A sebanyak 20 kali pada pengamatan pagi, 30 kali pada pengamatan siang, 50 kali pada pengamatan sore sedangkan pada kelompok B sebanyak 10 kali pd pengamatan pagi, 13 kali pd pengamatan siang, 15 kali pada pengamatan sore.
    Perilaku autogrooming pada kelompok A sebanyak 40 kali pengamatan pagi, 60 kali pada pengamatan siang, 80 kali pada pengamatan sore sedangkan pada kelompok B sebanyak 17 kali pd pengamatan pagi, 19 kali pd pengamatan siang, 23 kali pada pengamatan sore.

    Untuk mengetahui pengaruh umur terhadap frekuensi perilaku analisis datanya bagaimana ya?? Chi square/ANOVA atau yg lain?? Mhon bantuannya

    BalasHapus
  5. Asalamualaikum. Saya Nara dari FEB manajemen UNEJ. Yang ingin saya tanyakan, apakah kita boleh menggunakan koefisien regresi (beta) sebagai variabel penelitian kita? Dikarenakan variabel independen tersebut tidak memenuhi syarat jika langsung di regresi (inflasi dan suku bunga yang cenderung flat). Untuk itu dicari dulu koefisien regresi Beta nya di setiap perusahaan lalu meregresi Beta bersama dengan variabel independen lain. Apakah boleh prosedur seperti itu kak. Mohon penjelasannya. Terimakasih.

    BalasHapus
  6. Halooo nama saya lucky chun hutagalung dari STIE MIKROSKIL
    Yang mau saya tanyakan di uji validitas hasil output, di item-total statistics kolom nilai squared multiple correlation tidak muncul,, itu masalahnya kira2 dimana ya?

    BalasHapus
  7. Apa saja yang membedakan antara uji hipotesis dengan menggunakan uji z dan uji t

    BalasHapus
  8. Selamat malam. Saya mau bertanya. Jika kuesioner saya yang variabel terikat hanya satu pertanyaan yang mempunyai jawaban iya atau tidak, apakah perlu dilakukan uji validitas? Terima kasih

    BalasHapus
  9. Untuk menguji apakah ada perbedaan nilai murni UAN kelas A dan B lakukanlah uji statistik dengan data sampel berikut.

    Kelas A 22,1 24,0 26,3 25,4 24,8 23,7 26,1
    23,3
    Kelas B 24,1 20,6 23,1 22,5 24,0 26,2 21,6
    22,2 21,9 25,4

    BalasHapus
  10. Seorang pengusaha muda berpendapat bahwa rata-rata pengeluaran untuk biaya hidup perhari bagi staffnya adalah sebesar Rp 1.760 dengan alternative tidak sama dengan itu. Untuk menguji pendapatnya maka pengusaha itu melakukan wawancara secara acak terhadap 25 orang staffnya yag akan dijadikan sampel. Dari wawancara tersebut didapatkan hasil bahwa rata-rata pengeluaran per hari adalah sebesar Rp 1.700 dengan simpangan baku sebesar Rp 100… ujilah pendapat tersebut dengan menggunakan alpa 5% sertakan dengan grafiknya dan beri interpretasinya

    BalasHapus
  11. Saya ingin bertanya Berdasarkan data ujian fisika dari 20 siswa didapatkan data sebagai berikut; 47, 57,
    52, 63, 70, 48, 52, 52, 54, 46, 66, 45, 68, 71, 69, 61, 65, 68, 70, 65. Selidikilah dengan α= 5%, apakah data tersebut di atas diambil dari populasi yang berdistribusi normal ? (skor 10)

    BalasHapus
  12. Mohon maaf, apa perbedaan uji asumsi dasar dengan uji asumsi Klasik?

    BalasHapus
  13. Rumus standar rasio historis itu bagaimana ya ?

    BalasHapus
  14. untuk mencari hubungan antara skala nominal dan ordinal baiknya pakai uji apa ya?

    BalasHapus
  15. Maaf, ijin bertanya ... Apakah skala rasio bisa diubah ke ordinal? Contohnya hasil pengukuran tekanan darah yang dikategorikan menjadi rendah, normal, tinggi. Ada informasi yang saya peroleh perubahan tersebut tetap mengarah ke interval. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  16. seorang

    manager research suatu bank melakukan pengamatan terhadap

    jumlah customer per jam yang dapat dilayani oleh 4 orang teller.

    Data hasil beberapa pengamatan ditunjukkan pada tabel berikut :

    Teller A Teller B Teller C Teller D

    19 14 11 24

    21 16 14 19

    26 14 21 21

    24 13 13 26

    18 17 16 20

    13 18

    Dengan tingkat signifikansi

    5%, ujilah H0 bahwa rata-rata

    jumlah customer per jam yang

    dilayani masing2 teller adalah

    sama. Asumsikan bahwa

    seluruh asumsi untuk uji

    anova satu arah telah

    terpenuhi.​

    BalasHapus