Senin, 26 Oktober 2015

Tanya Jawab Seputar Komunikasi Bisnis dan Diplomasi Korporat

oleh: Kang Maul


1. Jelaskan pengertian komunikasi Interpersonal! 
Komunikasi Interpersonal adalah komunikasi antara orang-orang dengan dalam rangka membangun dan memelihara hubungan dengan cara tatap muka, dua arah, dengan suasana pribadi, relative tidak terstruktur dan tidak formal yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung, baik secara verbal maupun non-verbal, yang melibatkan pertukaran informasi secara simultan dan pesan-pesan yang saling menguntungkan untuk dibagi dan dinegosiasikan antar peserta. 


2. Jelaskan Proses Komunikasi interpersonal!

Proses Komunikasi Interpersonal:
1.      Berbagi makna: situasi dimana orang-orang yang terlibat dalam komunikasi interpersonal mencapai kesamaan makna tentang ide, saran, maksud yang sedang dibagi atau dinegosiasikan 
 
2.      Encoding adalah suatu aktivitas internal pada diri komunikator untuk menciptakan pesan melalui pemilihan simbol-simbol verbal dan non-verbal, yang disusun berdasarkan aturan-aturan tata bahasa, serta disesuaikan dengan karakteristik komunikan. 

3.      Komunikan menerima pesan. Aktivitas yang dikerjakan komunikan ialah decoding. Decoding merupakan kegiatan internal dalam diri komunikan. Melalui indera, ia mendapatkan macam-macam data dalam bentuk “mentah”, berupa kata-kata dan symbol-simbol yang harus diubah kedalam pengalaman-pengalaman yang mengandung makna. Decoding adalah proses memberi makna.

4.      Hasil dari aktivitas decoding ini adalah respon. Yakni apa yang telah diputuskan oleh penerima untuk dijadikan sebagai sebuah tanggapan balik terhadap pesan yang telah diterimanya

5.      Respon dapat bersifat positif, netral, maupun negatif. Respon positif apabila sesuai dengan yang dikehendaki komunikator. Netral berarti respon itu tidak menerima ataupun menolak keinginan komunikator. Respon negatif apabila tanggapan yang diberikan bertentangan dengan yang diinginkan oleh komunikator. 

6.      Proses sending dan receiving pesan verbal dan non-verbal antara orang atau lebih. 

7.      Melibatkan pertukaran yang berkesinambungan dan pesan yang saling menguntungkan untuk dibagi dan dinegosiasikan maksud dari tiap-tiap pihak yang berkomunikasi.
3. Jelaskan hambatan-hambatan dalam komunikasi interpersonal yang efektif! Berikan contoh yang mendukung jawaban anda!

 Hambatan komunikasi interpersonal yang efektif secara umum ada 3 yaitu:
  • ·         External noise: suara, pemandangan, cuaca hingga peraturan
  • ·         Internal noise: biasanya dari peserta komunikasi seperti masalah bahasa, adat, kelainan dalam logat, pendengaran, dan tingkat emosi tertentu.
  • ·         Filter pengalaman: yakni akumulasi pengetahuan, nilai-nilai, harapan dan sikap berdasarkan asas prioritas yang direkam oleh pengalaman pribadi.
Contoh Kasus:
Komunikasi Interpersonal antar pria dan wanita, tentu akan berbeda bila komunikasi dilakukan antar sesama pria saja, atau antara sesama wanita saja. Sesame pria, komunikasi bisa lagsung pada inti masalah, fokus dengan pendekatan yang anaitis, terkesan kaku, tidak melebar dan sangat rasional. Antara pria dan wanita perlu bumbu-bumbu komunikasi yang lebih menyentuh sisi emosional, kemampuan mendengar dan meberi pengertian sangat dibutuhkan. 

Contoh lainnya  adaalah saat berkomunikasi tentang bisnis di pasar traditional, di kelas, di kantor, atau di café tentu akan melahirkan shared meaning yang berbeda, karena factor external noise disini sangat mempengaruhi internal noise yang berimbas ada kesepakatan akhir.   


4. Jelaskan bentuk-bentuk komunikasi interpersonal yang lazim dilakukan dalam bisnis dan diplomasi korporat!

  • a.       Private communication adalah Komunikasi tatap muka yang melibatkan beberapa individu yang terbatas tentang masalah pekerjaan
  • b.      Team communication adalah Komunikasi antara anggota team yang haris dibagi secara efektif dan aktif untuk setiap anggota tim. Sifatnya banyak ke banyak
  • c.       Networked communication adalah Komunikasi yang membuat orang mampu untuk menghubungi, berkomunikasi dan mengembangkan hubungan kerja dengan orang yang tidak ia kenal sebelumnya, namun memliki tujuan dan minat yang sama.
  • d.      Leadership communication adalah pesan yang dikembangkan oleh para eksekutif orrganisasi, manajer, dan pemimpin organisasi lainnya untuk semua karyawan ang relevan dengan pesan yang disampaikan.
# Ada Diskon Belajar di RUANGGURU, cek disini yuk: https://bit.ly/2X6gjT2
# Cek Kebutuhan Belajar online kamu disini: https://shp.ee/3jnrwnm

5. Bagaimana memanfaatkan hubungan interpersonal dalam komunikasi pada lingkungan pekerjaan Anda? Berikan contoh yang menggambarkan hal tersebut!


  • a.       Kedekatan hubungan interpersonal mampu meyakinkan orang lain scara lebih baik, pada saat aturan-aturan formal menghambat proses penyelesaian pekerjaan.
  • b.      Suasana dekat informal diantara orang-orang dalam suatu tim dapat membuat suasana kantor kondusif, sehingga lebih produktif.
  • c.       Bagi organisasi yang sedang berkembang, dimana aturan-aturan belum formal, maka hubungan baik antar pribadi akan membantu membangun sistem dan menyelesaikan tugas-tugas pencapaian tujuan tanpa harus terjadi konflik karena ketidak jelasan pembagian tugas. 


6. Jelaskan pihak-pihak yang terkait dengan keuangan korporat! Informasi apa saja yang dibutuhkan oleh stake holder tersebut?

  • a.       Pihak Internal yaitu: komisaris, direktur, Akuntan dan Staf Akunting beserta para karyawan dan pemegang saham.
  • b.      Pihak Eksternal yaitu: Investor, kreditor, supplier, pemerintah, perbankan, asuransi, akademisi dan masyarakat.
  • c.       Informasi yang dibutuhkan yaitu laporan kinerja keuangan, pengawasan keuangan perusahaan (audit), laporan laba/  rugi, proses akuntansi, raasio kecukupan modal dan anggaran perusahaan yang teridri dari sumber dan alokasi dana.

7. Dalam rangka pengembangan SDM, mengapa perlu komunikasi dengan pihak internal perusahaan. Jelaskan informasi apa saja yang dibutuhkan oleh pihak internal perusahaan!

Karena SDM adalah bagian dari internal perusahaan yang akan menjalanakan dan mendukung percepatan tujuan organisasi dengan mengacu pada kebijakan pelaksaan dan sistem yang terstruktur dari manajemen level atas, supervisor dan sebagainya dalam mempengaruhi prilaku, sikap dan kinnerja karyawan yang intinya adalah bagaimana commitment SDM untuk mencapai tujuan perusahaan.
 Informasi yang dibutuhkan diantaranya adalah:

  • ·         Perencanaan SDM
  • ·         Fungsi Karyawan
  • ·         Pengembangan SDM
  • ·         Perekrutan
  • ·         Penilaian Kinerja
  • ·         Jumlah dan jenjang karir
  • ·         Spesifikasi yang dibutuhkan
  • ·         Training dan pelatihan
  • ·         Kompensasi termasuk gaji, asuransi, jaminan dsb

8. Berdasarkan kasus di Instansi Anda, beberapa hal berikut. (in Case: Guru Bahasa Inggris)
a.      Jelaskan tugas dan peranan anda!

  • o   Tugas: Mengajar 18 jam setiap minggu (Bahasa Inggris) dan membuat LPS (Laporan Perkembangan Siswa) Setiap bulan.
  • o   Peran: Membina Akhlaq Murid dan Meningkatkan prestasi murid di sekolah (khusus Bahasa Inggris) 

b.      Identifikasilah permasalahan komunikasi yang sering anda hadapi (temukan) berkaitan dengan penyelesaian tugas anda!

  • o   Ragamnya variasi usia siswa bimbingan dari jenjang 3 SD hingga 12 SMA, menuntut kreatifitas yang tinggi dari guru.
  • o   Perbedaan Sekolah anatar siswa dalam kelas bimbingan, membuat perbedaan dalam bahan ajar, ditambah lagi adanya dualisme kurikulum (KTSP dan Kurtilas)
  • o   Perbedaan karakter siswa menuntut komunikasi interpersonal yang lebih kreatif.
  • o   Intensitas ertemuan yang kurang dnegan guru lainnya, membuat kurang akrab.


c.       Buatlah deskripsi dari kondisi yang anda harapkan akan tercapai (tujuan) berkaitan dengan performance komunikasi anda!

o   Semua siswa dapat memahami pelajaran sekolahnya dengan baik yang KTSP maupun kurtilas
o   Kerjasama dengan orang tua siswa dalam menghadapi siswa yang bermasalah dengan melibatkan bikon (bimbingan konseling)
o   Semua anak terbiasa melaksanakan sholat mengucapkan salam dan berakhlaq baik saat di BP dan kehidupan sehari-hari.

d.      Buatlah rancangan kegiiatan komunikasi yang menggunakan strategi komunikasi untuk mencapai kondisi yang anda harappkan tersebut!

o   Membuat peta konsep kurikulum kurtilas dan KTSP diawal pertemuan
o   Melakukan komunikasi interpersonal dengan orang tua siswa, dengan didampingi bikon berdasrakan data LPS (laporan Perkembangan Siswa) dengan orang tua murid.
o   Memasukkan unsur pentingnya nilai agama dalam setiap bahan ajar dengan bahasa dan kebiasaan yang mereka pahami tanpa melenceng dari kurikulum yang ada.
o   Mengadakan pertemuan sharing antar guru bidang studi untuk membahas perkembangn terbaru dalam soal-soal dan isu bidang studi disetiap Minggu dan pertemuan guru semuanya setiap bulan untuk membahas materi pembinaan akhlaq siswa.

# Ada Diskon Belajar di RUANGGURU, cek disini yuk: https://bit.ly/2X6gjT2
# Cek Kebutuhan Belajar online kamu disini: https://shp.ee/3jnrwnm

Bandingkan Diskon dari Berbagai Marketplace disini




1 komentar:

  1. Saya mau tanya
    Gimna perbedaan antara di interview oleh lawan jenis dan sejenis. Berikan penjelasan dan alsan serta cintohnya

    BalasHapus