Rabu, 17 Juni 2015

Manajemen Resiko Bisnis di Bank Syariah



Catatan pertemuan ke 2.
 
Bila Standar Kualitas di rusak dengan harapan untuk mencapai target yang maksimal dari pertumbuhan pperusahaan maka akan berisiko terjadinya kulaitas yang menurun yang berkaibat pada loss nya trust dan loss nya profit yang besar di masa yang akan dating, sekaligus kerugian yang tidak sedikit dari defect produk dan kompalin dari jasa yang ditawarkan.

Syariah islam itu tidak pernah berada ditenga-tengah anatara kapitalis dan sosialis. Ia berdiri sendiri, berdiri diatas dan untuk semua golongan.

DAsar hokum musyarakah adalah:
قَالَ لَقَدۡ ظَلَمَكَ بِسُؤَالِ نَعۡجَتِكَ إِلَىٰ نِعَاجِهِۦۖ وَإِنَّ كَثِيرٗا مِّنَ ٱلۡخُلَطَآءِ لَيَبۡغِي بَعۡضُهُمۡ عَلَىٰ بَعۡضٍ إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ وَقَلِيلٞ مَّا هُمۡۗ وَظَنَّ دَاوُۥدُ أَنَّمَا فَتَنَّٰهُ فَٱسۡتَغۡفَرَ رَبَّهُۥ وَخَرَّۤ رَاكِعٗاۤ وَأَنَابَ۩ ٢٤
24. Daud berkata: "Sesungguhnya dia telah berbuat zalim kepadamu dengan meminta kambingmu itu untuk ditambahkan kepada kambingnya. Dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang yang berserikat itu sebahagian mereka berbuat zalim kepada sebahagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh; dan amat sedikitlah mereka ini". Dan Daud mengetahui bahwa Kami mengujinya; maka ia meminta ampun kepada Tuhannya lalu menyungkur sujud dan bertaubat (Shad 24)


Termasuk ayat sajadah. JAdi Syarat untuk melakukan musyarakah dalam islam adalah pelakunya harus banr-banar mukmin dulu. Dan itu sangatlah sedikit. Saya sempat bertanya terkait peluang  merangkul komunitas pengusaha muslim seperti HIPMI, TDA, pengusaha anti riba, dll. Banyak yang memanfaatkan kelompok itu untuk menguatakan bargaining posisitionnnya dimata perbankan. Malah diantra mereka terjadi debat ayat. Cuma DA yang cukup diakui perbankan syariah. 
 
Orang beriman diatas ibarat quality rule yang harus dipenuhi sebelum akad musayarkah diberlakukan. Bila asa prudential ini dilanggar, maka praktek musyarakah bersiko melahirkan kezholiman. 

فَأَمَّا ٱلۡإِنسَٰنُ إِذَا مَا ٱبۡتَلَىٰهُ رَبُّهُۥ فَأَكۡرَمَهُۥ وَنَعَّمَهُۥ فَيَقُولُ رَبِّيٓ أَكۡرَمَنِ ١٥ وَأَمَّآ إِذَا مَا ٱبۡتَلَىٰهُ فَقَدَرَ عَلَيۡهِ رِزۡقَهُۥ فَيَقُولُ رَبِّيٓ أَهَٰنَنِ ١٦ كَلَّاۖ بَل لَّا تُكۡرِمُونَ ٱلۡيَتِيمَ ١٧  وَلَا تَحَٰٓضُّونَ عَلَىٰ طَعَامِ ٱلۡمِسۡكِينِ ١٨ وَتَأۡكُلُونَ ٱلتُّرَاثَ أَكۡلٗا لَّمّٗا ١٩  وَتُحِبُّونَ ٱلۡمَالَ حُبّٗا جَمّٗا ٢٠
15. Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: "Tuhanku telah memuliakanku" 16. Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata: "Tuhanku menghinakanku" 17. Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim 18. dan kamu tidak saling mengajak memberi makan orang miskin19. dan kamu memakan harta pusaka dengan cara mencampur baurkan (yang halal dan yang bathil) 20. dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan (alfajr)

Syarat manusia itu mulia disisi Allah adalah:
1.      Memuliakan anak yatim
2.      Slang mengajak memberi kepada yang miskin
3.      Tidak mencampur adukkan antara hal dan bathil
4.      Tidak mencintai harta secaa berlebihan.

Ketahuilah ekonomi syraiah tidak pernah menjamin bahwa ia mampu secara berkesinambungan manghalau krisis ekonomi, namun ia secara smutan akan mengahalau krisi social. Karena tujuan dari ekonomi islam sendiri adalah maqasid syariah. Karena krisis sejak zaman nabi yusuf   sudah dibahasa bahwa ia mempunyai siklus 7 tahunan. Dan nabi yususf adalah the first counter cyclical crisis. Krisis adalah sunnatullah, fenomena itu akan menkayakan sebagain orang dan memiskinkan sebaain yang lain. Namun dengan landasan maqosid sayriah yang terjaga maka fenomena itu akan menjadi peluanag untuk saling berbagi dengan menguatkan sendir sosia anatara kaya dan miskin. Pertsatuan meningata dan ketaqwaan juga mneingkat.

Qulitas iman dimulai dari Tauhid – standar dasar adalah saat zaman Rasulullah SAW, saat ayat tenag pengharaman khomr turun, para sahabat langusng memuanng khoer yang akan dimunim atau dijualnya. Kini saat dibcakan ayat quran tentang pelarangan riba, kita masih mikir-mikir untuk meninggalkannya.
Dalam al- Quran malam diapsagkan dnegin siang, laki-laki dipasangkan dnegan prempuan, iabadh sholat dipasangkan dnegan ibadah zakat, namaun kalimta kaya tidak dipasangkan dnegan kalimat miskin. Kaya pasnagannya adalah cukup.

Syariah tidak melarang seorang penjual untuk mering untung sebesar-besarnay selama proses yang dilakukan halal. Dan yang ebih penting harus diperhatikan adalah bagaimana sikap dia  setelah itu apakah akan boros, makin dermawan,  bakhil atau malah menjadi sibuk oleh dunia dan mulai melupkana agama.
Ssalahh satu yang dilarang dalam islam adalah praktek “over pricing” dalama bahsa syariahnya “ghabn”. Seperti ikhalan property “beli tanah sekarang, tahun depan akan naik”. Adalah contoh praktek penipuan dan rekayasa menaikkan harga tanah demi kepentingan investor.

Perbedaan mendasar anttara syariah dan konvensional, adala h ketika meminjam rumah,  nasabah konvensioanal tak tahuu bera[a total yang hars ia bayar hingga pembayaran lunas. Sedangkan dalam syarih nasabah dapat menghitung berapa jumlah pembayarannya karena angsuran yang bersifat flat.

IDE
Dalam lembaga keuangan syariah harus ada yang namanya inventory yang bisa dikerjasamakan dengan pihak developer, =contohnya hasanah residence dan lain-lain. Atau sebagai distributr dari kendarana mobol dan motor. Akad yang digunakan adalah akd syirkah dengan pihak developer dan perusahaan otomotif. Namun selalau mentah oleh BI karena dianggap bukan pakemmnya banak. maka selama nama itu masih bank susah untuk meneerakan nilai-nilai syariah. menurut pak rahmat selaku orang BI, penolakan BI terhadap proposal bank syriah terkait inventory lebih kepaada factor kesiapan bank sayraiah itu sendiri yang dinilai belum siap untuk melaksanakan programnya, kakrena BI harus memberikan izin yang nanatinya izin itu mamapu memastikan bahwa program itu ammapu berjalan baik dan tidak merusak sistem keuangan secara nasional. Menuarut pak yudi selaku prkatisi bank syaraiah, ketidak siapan itu terjadi karena proses penegesahan proposal yang secara track record dinilai lamban, sehingga kebanykan para inoovator bank syariah mensumbit dulu proposalnya sembari menunggu di sahakan ia terus memperbaiki dan emngevalussi kerangaka programnya. Karena setaip bank syariah punya masa jabatan tertentu dan akan sulit untuk melkasanakan pprogra bila pimpinananya juga diganti. 

Dipadang ada namanya gerakan padre yaitu geraakn yang ada selama masa penjajaha kolonila dimanamasayarakatnya melakukan pinjaman sesame mereka dengan akad emas. Arinya waaupun uang yang dipinjam adalah uanag kertas namun nominalnya dihiutnung berdasarkan haraga emas yang beralku ssaat itu. Missal si Al inging memijam uang kepada si B sejumlah 10 gram emas. Haraga emas sat itu adalah 2,5 juta beratai si A saat itu meminjam uang sejumlah 25 juta. Saat mengembalikan ternayta haraga emas naik menjadi 2,6 juta. Beratai dalam akad ia tetap mengembalikan 10  garam emas. Namun karena harga emas naik ia memabyar menjadi 26 juta. Tanpa adanya tambahan dalam akad, artinya pinjam 10 gram emas dikembalikan 10 gram emas.

Gerakan untuk mengembalikan mata uanag dunia kedapa emas terkendala beebrapa hal karena faktanya hard cureency yang dimilki Negara-negara maju adalah emas. Sedangka   hard currency yang dimilkii Negara-negara berkembanga adalah unag kertas seperti dollar, yen, euro atau poundsterling. Karena itu kaalpun kita ingin kemabali kepada emas, kita harus siapa mengahdapi hamabtan Negara barat dan fakta bahwa juam emas sevara fiisik kini sudah dikuasai mereka.

PRinsipp ekonomi syariah dimalaysia adlah making bigger first and ruled it next. Artinya Malaysia ingin membesarkan dulu kapitalisasi pasarnya. Baru kemudian diatur regulasinya.

Sebuah Negara yang mengaku menerapkan 100% ekonomi syariah dinegaranya. Merasa gagal dengan sistem tersebut, dibuktikan kemjuan ekonomi negaranya masih dibawah Indonesia. Namun banyak Islamic scholar yang merasa  ekonomi silam disana tidak banr-benar diterpakan Karen amereka mayoritas adalah syiah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar