Rabu, 11 Maret 2015

Kuliah Manajemen Pemasaran: Kesan Pertama...

M. Maulana Hamzah
Graduate Student of Master Program in Sharia Management
Graduate School of Management and Business (www.mb.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)

Marketing Class
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc (sumarwan.staff.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Mukhammad Najib, MM
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F

Aku tak tahu mengapa, ketika pertama kali bicara tentang marketing selalu teringat pada seorang sahabat nabi bernama Abdurrahman bin Auf. Saat ia hijrah dari Makkah ke Madinah ia tak membawa apa-apa selain sehelai baju dibadannya. Saat Rasulullah ingin mempersaudarakannya dengan Anshar yang kebetulan punya 2 istri, dan ketika saudara barunya tersebut berniat memberikan salah satu istrinya kepadanya ia menolak karena ia ingin memberi mahar yang pantas untuk calon istrinya. Maka ia meminta satu hal “tunjukkan padaku jalan kepasar”. Salah satu riwayat mengatakan pada minggu pertama ia bekerja sebagai buruh, minggu kedua dan ketiga ia bekerja sebagai marketing, dan minggu keempat ia sudah memiliki usaha sendiri. Selang sebulan berlalu ia sudah bisa memiliki sebongkah emas untuk dijadikan mahar bagi calon istrinya.
Inilah salah satu contoh praktek marketing syariah yang efektif dan efisien namun tetap mengandung unsur berkah yang banyak tidak diketahui umat muslim dizaman ini. Maka melalui kelas Manajemen Marketing yang diampu oleh Pak Najib saya mulai membongkar dan memplejari secara detail tentang marketing. Asiknya disini, kami diberikan beberapa contoh yang riil sehingga teori yang dijelaskan tidak hanya berhenti pada padanan kata yang kaku, namun bisa diimajinasikan dalam bentuk gambaran nyata. Ruang untuk berdiskusi pun diberikan, sehingga kami bebas mengutarakan ide, bertukar pendapat, dan mengasah kemampuan analisa kami. Saya beruntung berada dikelas yang begitu dinamis, dengan teman-teman yang memiliki pengalaman yang luar biasa dibidangnya masing-masing. 

                Secara pribadi saya minta maaf tidak bisa mengikuti perkuliahan Pak Ujang 7 Maret 2015 silam, karena adanya musibah yang tidak bisa saya hindari dan tentunya tetap harus disyukuri sebagai ketentuan ilahi. Namun dari buku yang ditulisnya saya yakin, pak Ujang memiliki kapabilitas yang luar biasa dalam bidang Pemasaran Strategik, dari bukunya, saya baru mengetahui kalau ternyata pembahasan dalam marketing sangat banyak sekali. Perbedaan antara marketing dan selling, analisa konsumen, analisa pesaing, strategi produk, Konsep STP (Segmenting, Targetting dan Positioning), Strategi Distribusi, analisa pesaing, peran gaya hidup dan perubahan, terus bagaimana hubunganya dengan masyarakat. Semuanya dipaparkan dengan detail dengan contoh kasus yang melengkapinya. 

                Saya sangat setuju saat mendengar dan membaca tulisan teman-teman yang mengikuti perkuliahan pak Ujang bahwa kita sebagai manusia harus memiliki visi dan misi. Karena praktek marketing ada dimana saja. Bahkan blog pribadi ini adalah salah satu dari praktek personal branding kita didunia maya, selain sosial media tentunya. Makin unik visitor yang mengunjungi suatu blog, makin banyak backlink original yang bertautan dengannya tentu akan meningkatkan derajat blog di mata Page Rank google. Itu baru blog lalu bagaimana bila kita analogikan dengan manusia, hal itu tentu sangat tergantung dari visi dan misi yang ia tetapkan untuk hidupnya, karena hakikatnya saat inipun kita sedang berniaga dengan Allah SWT. Maka makin bermanfaat dirinya bagi manusia, makin taqwa ia kepada sang Pencipta, tentu akan semakin meningkatkan derajatnya dimata Allah SWT.
Nah… Bagi teman-teman akademisi atau praktisi bisnis dan perbankan  yang ingin mempelajari Ilmu Pemasaran, Strategi dan implementasinya secara komprehensif, buku-buku dari dosen kami ini sangat saya rekomendasikan. Untuk bentuk ebooknya silakan klik link dibawah ini. 
Referensi Buku:
 
Ujang Sumarwan (Editor) 2015, IPB Press




Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. 1st Printing. 2011. Marketing Strategic: Value Based Marketing and Marketing Metrics. Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor, IPB Press.

Silahkan download e-book:

  




Sumarwan Ujang; Agus Djunaedi; Aviliani; H.C Royke; Jusuf Agus Sayono; Rico R Budidarmo; Sofyan Rambe. (Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth and Share Holder Value).-Pemasaran Strategik: Strategi Untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham . Published byInti Prima, Februari 2009, ISBN 979-450-451-3

Silahkan download e-book:




Moga Bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar