M. Maulana Hamzah
Graduate Student of Master Program in
Sharia Management
Graduate School of Management and
Business (www.mb.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)
Marketing Class
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc (sumarwan.staff.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Mukhammad Najib, MM
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F
Aku tak tahu
mengapa, ketika pertama kali bicara tentang marketing selalu teringat pada
seorang sahabat nabi bernama Abdurrahman bin Auf. Saat ia hijrah dari Makkah ke
Madinah ia tak membawa apa-apa selain sehelai baju dibadannya. Saat Rasulullah
ingin mempersaudarakannya dengan Anshar yang kebetulan punya 2 istri, dan ketika
saudara barunya tersebut berniat memberikan salah satu istrinya kepadanya ia
menolak karena ia ingin memberi mahar yang pantas untuk calon istrinya. Maka ia
meminta satu hal “tunjukkan padaku jalan kepasar”. Salah satu riwayat
mengatakan pada minggu pertama ia bekerja sebagai buruh, minggu kedua dan
ketiga ia bekerja sebagai marketing, dan minggu keempat ia sudah memiliki usaha
sendiri. Selang sebulan berlalu ia sudah bisa memiliki sebongkah emas untuk
dijadikan mahar bagi calon istrinya.
Inilah salah
satu contoh praktek marketing syariah yang efektif dan efisien namun tetap
mengandung unsur berkah yang banyak tidak diketahui umat muslim dizaman ini.
Maka melalui kelas Manajemen Marketing yang diampu oleh Pak Najib saya mulai
membongkar dan memplejari secara detail tentang marketing. Asiknya disini, kami
diberikan beberapa contoh yang riil sehingga teori yang dijelaskan tidak hanya
berhenti pada padanan kata yang kaku, namun bisa diimajinasikan dalam bentuk
gambaran nyata. Ruang untuk berdiskusi pun diberikan, sehingga kami bebas
mengutarakan ide, bertukar pendapat, dan mengasah kemampuan analisa kami. Saya
beruntung berada dikelas yang begitu dinamis, dengan teman-teman yang memiliki
pengalaman yang luar biasa dibidangnya masing-masing.
Secara
pribadi saya minta maaf tidak bisa mengikuti perkuliahan Pak Ujang 7 Maret 2015
silam, karena adanya musibah yang tidak bisa saya hindari dan tentunya tetap
harus disyukuri sebagai ketentuan ilahi. Namun dari buku yang ditulisnya saya
yakin, pak Ujang memiliki kapabilitas yang luar biasa dalam bidang Pemasaran
Strategik, dari bukunya, saya baru mengetahui kalau ternyata pembahasan dalam
marketing sangat banyak sekali. Perbedaan antara marketing dan selling, analisa
konsumen, analisa pesaing, strategi produk, Konsep STP (Segmenting, Targetting dan Positioning), Strategi Distribusi,
analisa pesaing, peran gaya hidup dan perubahan, terus bagaimana hubunganya
dengan masyarakat. Semuanya dipaparkan dengan detail dengan contoh kasus yang
melengkapinya.
Saya
sangat setuju saat mendengar dan membaca tulisan teman-teman yang mengikuti
perkuliahan pak Ujang bahwa kita sebagai manusia harus memiliki visi dan misi.
Karena praktek marketing ada dimana saja. Bahkan blog pribadi ini adalah salah
satu dari praktek personal branding
kita didunia maya, selain sosial media tentunya. Makin unik visitor yang
mengunjungi suatu blog, makin banyak backlink original yang bertautan dengannya
tentu akan meningkatkan derajat blog di mata Page Rank google. Itu baru blog lalu bagaimana bila kita analogikan
dengan manusia, hal itu tentu sangat tergantung dari visi dan misi yang ia
tetapkan untuk hidupnya, karena hakikatnya saat inipun kita sedang berniaga
dengan Allah SWT. Maka makin bermanfaat dirinya bagi manusia, makin taqwa ia
kepada sang Pencipta, tentu akan semakin meningkatkan derajatnya dimata Allah
SWT.
Nah… Bagi teman-teman akademisi
atau praktisi bisnis dan perbankan yang
ingin mempelajari Ilmu Pemasaran, Strategi dan implementasinya secara
komprehensif, buku-buku dari dosen kami ini sangat saya rekomendasikan. Untuk
bentuk ebooknya silakan klik link dibawah ini.
Referensi Buku:
Ujang Sumarwan
(Editor) 2015, IPB Press
Sumarwan, U., Achmad Fachrodji.,
Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi.,
Suharyono., Zeffry Alamsyah. 1st Printing. 2011. Marketing
Strategic: Value Based Marketing and Marketing Metrics. Pemasaran Strategik:
Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor, IPB Press.
Silahkan download e-book:
Sumarwan Ujang; Agus Djunaedi;
Aviliani; H.C Royke; Jusuf Agus Sayono; Rico R Budidarmo; Sofyan Rambe. (Strategic
Marketing: Strategy for Corporate Growth and Share Holder Value).-Pemasaran
Strategik: Strategi Untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi
Pemegang Saham . Published byInti Prima, Februari 2009, ISBN 979-450-451-3
Silahkan download e-book:
Moga Bermanfaat...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar