oleh: Kang Maul
Semuanya harus dimulai dari Motivasi Menulis, dari pertanyaan WHY I need to write this paper?
Dan pertanyaan itu harus muncul dari sense of academic crisis yaituu kegelisahan akademik, yang muncul dari benturan antara idealitas pengetahuan yang kita miliki dengan realitas lapangan yang terjadi. Maka idealnya penelitian tidak hanya menjabarkan masalah secara deskriptif, tapi bisa menyelesaikan masalah secara aplikatif.
Sistematika Penulisan
(Bersifat Umum, Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan standar masing-masing lembaga)i. Judul
ii. Abstraksi
A. Pendahuluan
C. Metodologi Penelitian
D. Hasil dan Pembahasan
E. Kesimpulan dan Saran
Skema Berpikir
Penjelasan
1. Bagaimana Menulis Pendahuluan?
Move 1:
Mulai dengan Literatur Review atau Data statistic/ Data dan Fakta.
Cari Celah Judul Kita dari Situ (Calim Your Territory)
Tentukan Positioning Paper kita diantara Literatur Review dan Kaitannya dg Data Fakta
Fokuskan Ruang Lingkup (define The Problem to Be solved)
Move 2:
Tingkat Kepentingan Paper Kita
Celah/ Tekankan Positioning Paper Kita
Move 3:
Jelasakan Sebab Motivasi Penulisan
Fokuskan Masalah yang Ingin dijawab
Jelsakan Tujuan Penulisan secara Deskriptif
2. Tentukan Motivasi Menulis/ Rumusan Masalah yang Mau diselesaikan
3. Buatlah TUJUAN PENULISAN yang Menjawab Rumusan Masalah di Atas
4. Buat TINJAUAN PUSTAKA Yang Sistematis, tiap rumusan masalah minimal memiliki 3-6 critical review,
jadi jumlah CR dikalkulasikan dengan Jumlah RM. Dan tipa CR harus berhubungan dengan RM. Ada 4
tahap memahami CR dengan baik:
Pahami Abstraksi,
Sintesa (Sentral Isu dari paper),
Komparasi antar CR,
temukan Critical Point atau celah penelitian kita.
5. METODOLOGI dipahamai sebagai Cara menyelesaikan masalah yang ingin kita pecahkan. Jadi
metodologi bisa menggunakan beragam model, tergantung dari ragamnya maslah yang ingin kita
pecahkan. Ingat semuanya disinkronkan dengan rumusan masalah diawal.
6. BAB INTI DISKUSI, disini implementasi Metodologi dalam menyelsaikan maslaah kita dibahas secara
sistematis. Dan semuanya harus sesuai menjawab rumusan masalah diawal. Biasanya dalam Diskusi dan
pembahasan dibuat TIME TABLE agar pekerjaan bisa lebih sistematis. Indikasi keberjasilan di bab ini
adalah kita berhasil menemukan INDIKATOR KESUKSESAN penelitian.
7. KESIMPULAN dibuat Sesuai dengan Hasil Penelitian, yang intinya menjawab rumusan masalah diatas
dalam bentuk penjelasan detail dari tujuan penulisan.
8. Sedangkan SARAN adalah celah dari hasil diskusi, berupa sesuatu diluar kendali hasil pembahsan
berupa implikasi manajerial dan saran untuk penelitian lanjutan.
NOTE:
. Sistematika ini adalah sistematika berpikira dalam menyelesaikan masalah yang ILMIAH
maupaun NON ILMIAH, termasuk masalah KEHIDUPAN SEHARI_HARI
# Moga Bermanfaat#
.
Semuanya harus dimulai dari Motivasi Menulis, dari pertanyaan WHY I need to write this paper?
Dan pertanyaan itu harus muncul dari sense of academic crisis yaituu kegelisahan akademik, yang muncul dari benturan antara idealitas pengetahuan yang kita miliki dengan realitas lapangan yang terjadi. Maka idealnya penelitian tidak hanya menjabarkan masalah secara deskriptif, tapi bisa menyelesaikan masalah secara aplikatif.
Sistematika Penulisan
(Bersifat Umum, Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan standar masing-masing lembaga)i. Judul
ii. Abstraksi
A. Pendahuluan
Kumaha? teu riweh kan? |
- Rumusan Masalah (Motivasi)
- Tujuan Penelitian
- Ruang Lingkup
C. Metodologi Penelitian
D. Hasil dan Pembahasan
E. Kesimpulan dan Saran
Skema Berpikir
Penjelasan
1. Bagaimana Menulis Pendahuluan?
Move 1:
Mulai dengan Literatur Review atau Data statistic/ Data dan Fakta.
Cari Celah Judul Kita dari Situ (Calim Your Territory)
Tentukan Positioning Paper kita diantara Literatur Review dan Kaitannya dg Data Fakta
Fokuskan Ruang Lingkup (define The Problem to Be solved)
Move 2:
Tingkat Kepentingan Paper Kita
Celah/ Tekankan Positioning Paper Kita
Move 3:
Jelasakan Sebab Motivasi Penulisan
Fokuskan Masalah yang Ingin dijawab
Jelsakan Tujuan Penulisan secara Deskriptif
2. Tentukan Motivasi Menulis/ Rumusan Masalah yang Mau diselesaikan
3. Buatlah TUJUAN PENULISAN yang Menjawab Rumusan Masalah di Atas
4. Buat TINJAUAN PUSTAKA Yang Sistematis, tiap rumusan masalah minimal memiliki 3-6 critical review,
jadi jumlah CR dikalkulasikan dengan Jumlah RM. Dan tipa CR harus berhubungan dengan RM. Ada 4
tahap memahami CR dengan baik:
Pahami Abstraksi,
Sintesa (Sentral Isu dari paper),
Komparasi antar CR,
temukan Critical Point atau celah penelitian kita.
5. METODOLOGI dipahamai sebagai Cara menyelesaikan masalah yang ingin kita pecahkan. Jadi
metodologi bisa menggunakan beragam model, tergantung dari ragamnya maslah yang ingin kita
pecahkan. Ingat semuanya disinkronkan dengan rumusan masalah diawal.
6. BAB INTI DISKUSI, disini implementasi Metodologi dalam menyelsaikan maslaah kita dibahas secara
sistematis. Dan semuanya harus sesuai menjawab rumusan masalah diawal. Biasanya dalam Diskusi dan
pembahasan dibuat TIME TABLE agar pekerjaan bisa lebih sistematis. Indikasi keberjasilan di bab ini
adalah kita berhasil menemukan INDIKATOR KESUKSESAN penelitian.
7. KESIMPULAN dibuat Sesuai dengan Hasil Penelitian, yang intinya menjawab rumusan masalah diatas
dalam bentuk penjelasan detail dari tujuan penulisan.
8. Sedangkan SARAN adalah celah dari hasil diskusi, berupa sesuatu diluar kendali hasil pembahsan
berupa implikasi manajerial dan saran untuk penelitian lanjutan.
NOTE:
. Sistematika ini adalah sistematika berpikira dalam menyelesaikan masalah yang ILMIAH
maupaun NON ILMIAH, termasuk masalah KEHIDUPAN SEHARI_HARI
# Moga Bermanfaat#
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar