Jumat, 24 April 2015

Memilih JODOH dengan Metode Bayes dan MPE

By: Kang Maul

Apa itu Metode Bayes dan MPE?
Metode Bayes adalah salah satu metode pengambilan keputusan berbasis indeks kinerja yang umum dipakai dalam manajemen produksi dan operasi. Secara definisi ia merupakan teknik yang digunakan ntuk melakukan analisis dalam pengambilan keputusan terbaik dari sejumlah alternative. Metode penilaian yang digunakan adalah ordinal, dimana:
1.       Sangat Kurang
2.       Kurang
3.       Biasa
4.       Bagus
5.       Sangat Bagus
Untuk meyakinkan pilihan kita, kita akan menggunakan metode MPE (Metode PErbandingan Eskponensial) yaitu metode untuk menentukan urutan prioritas alternative keputusan dengan kriteria jamak. Keuntungnnya adalah untuuk mengurangi bias yang mungkin terjadi dalam analisa dan menggambarkan nilai skor yang lebih besar (Fungsi eksponensial) yang menyebabkan urutan prioritas alternatif keputusan menjadi lebih nyata.  

Siapakah jodoh itu?

Sabtu, 18 April 2015

Memilih PAKET PERNIKAHAN dengan metode AHP



Sholeh dan Sholehah berencana akan menikah diakhir tahun 2015, Keduanya sepakat untuk merencanakan pernikahan mereka sendiri tanpa menyusahkan orang tua terutama tentang masalah konsep pernikahan dan biaya. Setelah melakukan beberapa kali survey akhirnya pilihan mereka jatuh pada 3 usaha Wedding Organizer sebagai partner dihari bahagia mereka, Nama WO itu adalah Sakinah, Mawaddah dan Rohmah. Setelah melalui istikhoroh panjang akhirnya mereka berdua sepakat untuk memilih paket WO dengan kriteria sebagai berikut: Design Konsep yang Modern dan Islami, kualitas pelayanan dan biaya murah.
PENYELESAIAIN
  • Awali dengan Bismillah
  • Istiqomahkan Niat untuk ibadah hanya kepada Allah SWT.
  • Jangan Putus Sholat Istikhoroh.
  • Mulailah berikhtiar (salah satunya dengan AHP), musyawarahkan dengan baik
1. Tahap pertama
Menentukan botot dari masing – masing kriteria.
Biaya lebih penting 2 kali dari pada Design Konsep
Biaya lebih penting 3 kali dari pada Kualitas Pelayanan
Design Konsep lebih penting 1.5 kali dari pada kualitas Pelayanan

Analisa Bauran Pemasaran 7 P (Studi BCA Syariah)

M. Maulana Hamzah

Marketing Class
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc (sumarwan.staff.ipb.ac.id)



Pendahuluan

Salah satu strategi yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan adalah marketing mix strategy yang didefinisikan oleh Kotler dan Armstrong (1997) yang menyatakan bahwa marketing mix as the set of controllable marketing variables that the firm bleed to produce the response it wants in the target market”.

Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa bauran pemasaran merupakan variable-variabel terkendali yang digabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diharapkan dari pasar sasaran. Dan untuk usaha jasa terdapat 7 unsur marketing mix (Marketing Mix-7p) yaitu: Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Proses, Dan Physical Evidence.

Minggu, 12 April 2015

Analisa 7P (Studi Kasus Chocolate War: Hershey VS M&M)

M. Maulana Hamzah
Graduate Student of Master Program in Sharia Management
Graduate School of Management and Business (www.mb.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)

Marketing Class
Lecturer:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc (sumarwan.staff.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Mukhammad Najib, MM
Dr. Ir. Hartoyo, M.Sc
Dr. Ir. Dodik Nur Rachmat, M.Sc.F

2 Kalimat Kunci: ----- > Oleh: M. Maulanan Hamzah
 ===> IDEALITY (Hershey) VS AMBITIONS (M&M) <=== 
====> Never Ending Innovation <==== 


Analysis Poin of View - Paper MPO




Paper: 
Response time reduction in make-to-order and assemble-to-order supply chain design
Writer: NAVNEET VIDYARTHIL, SAMIR ELHEDHLI and ELIZABETH JEWKES